Minggu, 15 Januari 2017

kucing kena megacolon / susah buang air besar (sembuh)

nahh dipost ke 2 ini aku mau share pengalaman kucingku yang baruuuu banget kena magecolon.
namanya pita, aku nemuin dia di parkiran plaza kalibata sebulan yang lalu. dia masih kecil banget umurnya mungkin sekitar 2 bulanan. tadinya aku cuma mau kasih makan aja ganiat bawa pulang, tapi kalo dipikir kasihan dia pasti bakal keinjek injek orang karena lagi rame banget atau kelindes mobil, akhirnya aku nekad masukin dia ketas dan pulang pakai gojek, walaupun sebenernya udah diancem orang tua gaboleh pelihara kucing lagi yaa tapi gimanaa..... akhirnya pas nyampe rumah aku surprisein ke mama aku dan dia bilang "aduhhhh yaa apaan lagi ini" akhirnya aku jelasin semuanya dan dia cuma bisa hela napass huahah karena keluarga aku cat loverr semua jadi ya bisalah ya ngerti dikit hihi dan ayahku juga akhirnya nerima keberadaan pita ini yeayy

oiyaa kelamaan cerita lanjut ke kasusnya. jadii pas aku nemuin pita ini dia perutnya buncit dan kakinya pincang, dan pas aku bersihi juga kaya ada pup keras nempel gitu di ekornya. btw dia makannya buanyakk banget (aku kasih makan dry food kiloan mix royal canin kitten) aku kira dia sehat sehat aja dan ga begitu merhatiin kalo dia pup atau engga.
setiap aku bersihin litter box di kandangnya aku gamerhatiin pupnya banyak atau engga sampai akhirnya seminggu kemudia mulai deh aneh. kok litter boxnya bersih?.... dan dia juga kaya ngeden*gatau bahasa bagusnya apa* gitu di setiap tempat, diatas kosetan lah/ lantai/ tempat tidur/ tapi ga keluar apa apa........ sampai akhirnya aku curiga dan besoknya aku bawa ke klinik awal care daerah jakarta sekalian mau obati jamur dikulit dia. akhirnya sama dokternya disana dia dikasih obat pencahar, dan dites dilitter box tapi cuma keluar dikit dikit gituu susahh bangett. dan sama dokternya dikasih resep obat lactulose (dosis 0,5.ml) 2x sehari dan disuruh kasih microlax *ditusuk sampai ujungnya masuk dikit aja ya*. obat lactulose seharga 50 ribuan dan microlax eharga 21ribu aku beli di apotik 24. dibawah ini gambarnya yaa







 sebenernya kata dokternya kalo 2 hari pita ga bisa pup juga suruh dibawa lagi kesana dan bisa aja dioperasi. waduhhh kaget banget pas dengernya cuma kendala gabis pup musti operasi dan bisa berujung kematian juga....
tapi aku takut bangett karena pertma masalah biaya dan kedua pita masih kecil banget umurnya 2 bulan takut juga kalo operasi
akhirnya aku tetap kasih obat itu selama seminggu dan tetap ga mempan, wetfoodnya dicampur labu *makanan berserat*/ dikasih minyak sayur/ vco/ dikasih rebusan tanaman kucing-kucingan dia tetep gabisa pup juga dan cuma keluar dikit kalo ditusuk microlax. sebenernya diketerangan lactulose jangan dipakai lebih dari seminggu secara rutin karena bahaya. duhh stress banget saat itu, walaupun pita cuma kucing yang aku temuin di pinggir jalan aku udah sayang bangettttt tapi kalo buat operasi masih mikir mikir juga. sampai akhirnya aku bawa lagi ke doknyom di belakang rumah sakit duren sawit. dia bilang inimah udah megacolon, dan pupnya yang numpuk didalem buanyak banget. cara ngeceknya coba teken pelan pelan dibawah bagian dekat pinggul, kalo ada kaya benda keras gitu itu pupnyaa. akhirnya pita di bius  dulu sama dokyom dan pupnya dikeluarin manual gitu pertama ditusuk pakai cotton bud dan perutnya dipencet pencet sampai pupnya keluar semua *sumpah pas bagian ini aku baru pertama kali liat kucing dibius dan sedih banget pengen nangis* ngebayangin pasti pas dia bangun sakitnya masih kerasaa .
ga sampe 15 menit semua pup pita dikeluarin dan sumpah buanyak bangett, kasian banget dia selama ini mendem pup sebnayak ituu. akhirnya sama doknyom dikasih 10pc kapsul metamucil. didalemnya bubuk gitu. dianjurin buat dikasih ke wet food 2x sehari 1 kapsul. jadi dibagi 2 gitu setengah buat makan pagi, setengah buat makan malem. oiya selama kucing susah pup jangan dikasih dry food yaa. musti wet food dan kalo bisa dicampur ager ager/ makanan berserat lainnya.

akhirnya selama 2 hari pita aku kasih campuran wet food (merek whiskas kitten) dan ager'' swallow/nutrijel plain sama setengah obat metamucil. tapi dia pupnya masih aja ngadett, akhirnya aku nekat kasih dia dulcolax tapi setengah. setengah pagi setengah malem. dicampur air dan dimasukin kemulutnya pakai pipet. andd guess what ???? tetep ga keluarrr

parahhh streess banget. aku coba pasrah kalo emang dia mau pergi tapi aku gabisa liat fase-fase menderitanya sampai akhirnya aku relain untuk dia operasi dan mulai nyari nyari harganya. ada yang review kisaran 1,5-2jt. mikir lagii lumayan banget buat anak kuliahan. akhirnya lusa *krn besoknya aku pergi ada urusan* aku niat bawa pita ke doknyom lagi dan kalo emang jalan satu satunya operasi aku ikhlas. sampai akhirnya besok aku pulang dan seperti biasa cek litter box masih bersih tanpa pup. ini terakhir kalinya aku mau kasih dia dulcolax setengah karena aku udah pasrah bangett gamungkin aku kasih dia obat-obatan terus. selang beberapa menit dia kaya diem gitu nahan sakit. aku cuma bisa ngelus ngelus dia , ga lama aku tinggal bikin makanan dan kakak aku bilang *sedikit teriak* kalo dikamar orang tua aku ada pup banyak bangettt *untuk ortu aku lagi gaada dirumah huftt*
pas aku cek ternyata pelakunya pitaa. FINALLYYY penantian selama seminggu lebihhhh!!. mungkin biasanya kalo ada kucing pup sembarangan aku marah, tapi ini aku senengggg bunagetttt. ternyata pita akhirnya pup, dan pas aku pencet bagian bawah perutnya juga kosong. dia keliatan lemes banget langsung aku kasih minum air pakai pipet.
dan langsung aku bikin manakannya, masih sama yaitu wetfood campur ager ager campur air campur metamucil. pertammanya dia lebih milih tidur dari pada makan, mungkin lemes banget kaliya. sejam kemudia dia baru mau makan dan beraktifitas kaya biasa lagii, ngikutin kaki orang sambil gigit gigit hhihihih.

alhamdulillah banget dia udah bisa pup lagi dan gaperlu ke dokter lagii. walaupun aku belum bisa mastiin dia udah sembuh 100% dari megacolon atau belum. tapi sekaranng udah hari ke-4 dari dan dia masih lancar pup.

oiya aku sebenernya ga nyaranin buat ngasih kucing dulcolax yaa soalnya bayangin aja dikasih ke manusia aja sakitt perut banget apalagi kucing. jadi kalo masih awal boleh coba lactulose dan microlax tapi kalian juga musti bawa kedokter buat mastiin dosisnya. oiya jangan lupa selama kucing kamu dikasih obat pencahar minumin air yang banyak, takutnya nanti dia jadi dehidrasi.

sampai saat ini pita masih aku kasih makan wet food yang dicampur air sama ager-ager, atau wet foodnya aku campur minyak zaitun dikit. kadang wet food whiskasnya  aku ganti hills prescription diet i/d digestive care with chicken tergantung kondisi dompet ehehe *aku kasih makan sehari 3/4 kali*. dan sampai sekarang aku gapernah ngasih dia dry food lagi karena udah trauma huhu . khusus untuk kucing yang satu ini kayaknya bakal aku kaih wet food teruss . doain pita sehatt terus yaaa...salam pawww

btw kalo ada temen temen yang punya saran lainnya bisa tulis dikolom komentarr. yukk saling berbagi infooo.







73 komentar:

  1. Kebetulan banget nemu postingan ini. Di rumah ada anak kucing, yg suka datang ke rumah. Karena kasian, akhirnya diadopsi, sudah sebulanan ini. Tp ternyata dia ngalamin sakit sama kaya kucing kamu. Rasanya sedih + kasihan tiap kal ngelihat dia coba untuk bab, tp ga bisa. Skrg dia lg diberi minum obat resep dari vet. Semoga dia jg bisa sembuh kaya kucing kamu. Thanks untuk postingannya. Bermanfaat banget.

    BalasHapus
  2. Ka mau nanya dong kalau untuk pemberian microlaxnya dosisnya berapa??

    BalasHapus
  3. Amiin moga sehat trus kucing nya ya,kebtulan kucing sy juga susah bab,dh 3 hari awal2 nya bagus pas di kasih pala ayam yg di rebus eh jdi susah bab, klu pake mikrolak dosis nya brapa ya om mksh

    BalasHapus
  4. Thanks bgt infonyaa..Aku saat ini mengalami apa yang Kamu Alami..Saat ini Masih aku Kasih microlax..Tapi ga semuanya..Separo..Masih nunggu hasilnya juga gmn..Semoga dgn microlax semuanya lancar..Tapi andai blm sekalipun ya aku Bakal coba Pake dulcolax..dan dengan hasil seperti yang pernah Kamu Coba juga ke pitaa..amin.Semoga kucing Kita di berikan kesehatan Terus ya..amin

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya semoga bermanfaat untuk semua pencinta kucing..

    BalasHapus
  6. Ka kucing ku lagi kaya ginii. Dia kaya ngeden tapi ngga keluar apa2. Kencing jga ngga keluar. Tapi baru seharian kemaren sih. Berapa ka biayanya ke dokter buat itu? Makasih

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Ka.. kucing aku momo kena megacolon kayak pita... Alamat dokter hewannya dimana dan biayanya berapa makasih ya atas infonya

    BalasHapus
  9. Kucing saya si Cimot udah 2x op megacolon. Pertama bulan april trus bulan agt ini. Sedih banget. Setelah.op pertama makanan nya udah 80% wet food tuna direbus. Dicincang2 dikasi pake kuah2 gitu. Variasi wet food kalengan merk.princess juga. Dry food nya RC digestive menurut dokter itu udah bagus banget. Tp masih kena megacolon lagi. Kasian kalo liat cimot lagi ngeden. Untung nya deket rumah ada dok hewan yang praktek. Jadi deket kalo mau nengokin cimot. Dokter nyaranin lagi kasi RC gastro intestinal apa gitu. Mudah2an cukup 2x deh op nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hei mbk Evry, kucing ku juga sudah 2 x op. megacolon, dan terakhir sama dokter cuma dibolehkan minum susu dan sari makanan, tapi kasian jadi kurus dan lemas, bisa share makanannya cimot apa y sekarang
      thanx

      Hapus
    2. Kasi makanan merk princess.. wet food

      Hapus
    3. Lokasi Dokter hewannya dimana ya kak itu?

      Hapus
  10. Terimakasih buat info nya,, puma kucing ku jgha gx bisa bab,, ,perut nya buncit,,skrng dia pun lgi sakit,, kaki belakang nya lemas akibat habis di terkam kucing besar,, info nya ych obat apa supaya kucing ku bisa lepas dari sakit nya🙏🙏

    BalasHapus
  11. Terima kasih informasinya. Akan saya coba untuk kucing saya di rumah, semoga berhasil

    BalasHapus
  12. Berkat postingan ini kucing saya yang bernama BULE akhirnya dioperasi, memang biaya yang keluar sekitar 1,2jt habisnya. Tapi entah kenapa rela banget buat dia bisa sembuh dan aktivitas normal lagi. (Engga tega kalau sampai tiada karena penyakit seperti itu). Saat ini sudah keluar semua kotoran diperutnya. Sekarang sedang rawat inap untuk pemulihan dan baru bisa dibawa pulang 3hari lagi. Cepat sembuh BULE...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rawat inap dmn kk? Kucingku juga kyknya kena megakolon ini..Rsh yg terjangkau dmn y kk?

      Hapus
  13. kucing saya sudah 6 kali operasi megacolon. sekali operasi plus obat dan rawat inap bisa 4 juta! saat ini sudah gak bisa pup lagi...bayangin mesti operasi lagi nih................

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sekarang kucingnya dikasih makanan apa?kl gk pup sekarang dipasangin alat di badan si kucing?

      Hapus
    2. Ya Allaah kasian 😢 ... kucingku mikie jg sepettinya udah 2 hari dia ga pup 😭😢

      Hapus
  14. Kucing sya kucing kmpung uda hmpir 1 minggu susah bab umur 4 bulan lebih ksih tau dong obatnya soalnya gx ad duit bwa ke dokter hewan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa coba di kasih sari buah pepaya (pepaya di parut lalu di saring),susu bebas laktosa, makanannya bisa dicampur dengan lakto-b (1x sehari bisa beli di apotik)jangan diberi makanan kering atau yang keras, kalo sudah seminggu gk bab lebih baik di cek ke dokter hewan

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Kalau pakai microlax itu semuanya dimasukin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ka. Asal ujungnya masuk aja jangan dipaksa semuanya

      Hapus
  17. Kucing sy lg hamil n nggk bs bab selama 4 hr...bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya sama kak. Gimana ya aku sedih banget khawatir

      Hapus
  18. mau tanya, btw microlax nya dikasih dosisnya gimana ya ?

    BalasHapus
  19. hai mba,, kucingku jg 3 hari.ini ga pup, agar2nya dimasak (dibikin gt) apa masih serbuk dimasukin ke makanannya?

    BalasHapus
  20. kucingku juga sudah hampir 5 hari ga pup sama sekali, bingung mau kasih obat apaa. info tindakan pertama apa ya? mau periksa kedokter tapi terkena kendala biaya. makasihhh��

    BalasHapus
  21. Anak kucing saya, Alma, jga udah seminggu gk pup, perut ny makin buncit dn keras apalgi makan ny bnyak bnget... dlu saran awal dokter kasih minyak dri anus ny biar lancar tpi gk mempan... skrang udah sehari saya kasih mikrolax tpi keluar ny cuma dikit... dia terus kesakitan mau sampai kapan pup ny akan keluar semua ?? 😢 saya jdi bingung mau d bawa k dokter lgi gk ada biaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikrolax nya d'masukin semua obat nya yaa,,,???

      Hapus
  22. Kucingku masih umur 20hr induknya mati tapi 4 hari ini gak Pup tapi pipisnya banyak banget, budget limited😢 gimana yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama anak kucingku awal dirawat udah pup, meskipun masih minum susu. Umurnya kurang dari 2 minggu dan beberapa hari gak pup mereka, tapi minum susunya banyak perutnya buncit, itu kenapa ya?

      Hapus
  23. Kucing sya udh 4 hari ga pup , tpi klo pipis bnyak .. kirakira tindakan prtama nya apa ya , soalnya mau bwa ke klinik kendala biaya .. tlg di jawab

    BalasHapus
  24. Saya juga rescue kitten kampung, usia kurang dari 1 bln, blm dkasih makan, baru susu kitten aja, tpi udh 4hri ngga pup, klo pipis keluar. Duuh apa iya sama ya kasysnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing rescue saya juga gtu. Udah 3hri nggak bisa pup. Waktu ditemukan, masih minum susu. Tp selang 1 hri saya kasih wet food. Tolong kasih solusinya.

      Hapus
    2. Coba baca koment saya dibawah, kasih akar tanaman kucing2an direbus (air sedikit saja biar cepat mendidih) sampai mendidih sebentar sekitar 10 menitan baru angkat ambil airnya pakai spuit atau suntikan yg sudah dibuang jarumnya, pakai yg ukuran 1cc atau 10ml yg biasa buat kasih obat.
      Tapi sebelummya itu kitten kira2 umur berapa? Kalau baru minum susu doang biasanya dia cuma kencing, kalau sudah makan wetfood biasanya baru bisa pup itupun itungannya ga langsung pup karena perutnya kan kosong biasa keisi air doang jd nutrisinya terserap, kalau sudah makan wetfood full 2 hari biasanya baru bisa pup, wetfoodnya kasih air lagi biar kaya bubur biar peralihan makanan pencernaannya ga kaget

      Hapus
  25. Saya juga punya kucing kena mecakolon saya bisa minta alamta dokter yg di duren sawit

    BalasHapus
  26. Kalau pake microlax, apa semua obat yg ada d'dlm'x itu d'masukin semua'x,,,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba setengah, liat reaksinya. Kalo gak bisa juga bisa dicoba full

      Hapus
  27. Tq bngt info ny.. Drmh bayi kucing umur 3 hr di bw plg anak ku... Trpaksa aq rawat.. Mandiin pagi... Dan skrg lg alami susah buang air besar.. Perut ny besar.. Sedih jg lihat ny.... Kl yg 1 spt itu tp aq tarik pk tissue.... Sbnr ny di beri susu dancow boleh ngga y? Krn blm bs mkn... Usia 3 mnggu.. Makanan apa yg blh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dikasih susu manusia bahaya, kalau kepepet kasih susu bear brand, susu khusus kitten aja biar aman, kasihan

      Hapus
  28. Sharing saja, malam ini creamy sudah 2hr ga pup mau 3hr, sayapun sudah mulai khawatir, karena liat dia mondar/ir di bak pasirnya tapi ga keluar pupnya.
    Namanya creamy usia perkiraan 7-8 minggu, dia saya rescue dengan kondisi mata infeksi tertutup, kaki belakangnya salah satu jarinya hilang seperti bekas digigit, kutuan, cacingan.
    Beberapa hari dirawat ternyata dia ada gejala kena virus distemper perjuangannya masih panjang sy yg awam karena kasihan berusaha sekuat tenaga merawatnya, alhamdulillah kondisi mulai membaik, eh tinggal susah pup.
    Malam ini saya browsing2 dan putuskan untuk coba cari tanaman kucing2an/anting2 atau apalah itu namanya, alhamdulillah dapat, saya cuci ambil akarnya saya rebus dengan sedikit air sampai mendidih sekitar 10 menitan, kitten umur 7 minggu berat ya sekitar 350an mungkin, saya ambil air rebusan pakai suntikan (buang jarumnya) ukuran 1cc/10ml yg memang saya sedia untuk paksain dia minum obat.
    Saya suntikan ke mulutnya biar dia minum, ga lama mulai reaksi dia gelisah mondar/ir bak pasir dan sekitar 5-10 menitan saya tinggal alhamdulillah keluar juga pupnya.
    Kalau mau coba untuk kitten bisa 1cc dulu tunggu reaksi kalau belum ada bisa ditambah 1cc lagi.
    Kalau untuk dewasa mungkin sama ya, 1cc sampai max 3cc.
    Allah Maha Besar, sudah disediakan obat pencahar alami untuk kucing2 liar di jalan, mungkin itu sebabnya kucing2 liar lancar2 saja bab sembarangan 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba mau nanya, yg dipake daun nya atau akar anting-anting an nya? Terus seberapa banyak yg diperlukan untuk 10ml air? Soalnya kucing saya udah 4harian ga bab, tapi pipis lancar, makan nya juga lahap

      Hapus
  29. Mba menurut mba obat yang bagus itu daun akar anting2 apa microlax ya?

    BalasHapus
  30. Soalnya perut dia gendut dan buncit gitu pas dipegang agak keras sudah 4 hari kurang lebih belum BAB dan Buang air kegil,,kalau gitu kenapa ya?dan obatnya apa?? Mba
    Tolong dijawab lagi darurat mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bantu jawab ya....dikasih makan wet food atau dry food?
      Kalau kasusnya cuma susah buang air besar saya coba kasih air daun anting2 pakai pipet ga lama langsung mules n bab, tapi kitten saya ga masalah soal kencingnya.
      Sudah dibawa ke dokter hewan? Soalnya kucingnya mba ga cuma ga bisa BAB kan? Tapi BAK juga?
      Coba browsing cari yg reviewnya murah dan bagus, kalau di jaksel ada di daerah pejaten namanya clinic amore.

      Hapus
    2. Kucingnya kira2 umur berapa? Kitten atau dewasa?

      Hapus
    3. Jangan dibiarkan berlarut2 karena bisa berakibat fatal buat si kucing, kalau mau aman bawa ke dokter dulu buat cek kondisinya

      Hapus
  31. Saya sebelum coba microlax saya coba browsing2 mengenai akar anting2 dan memutuskan bismillah pakai air rebusan akar anting2, dengan pertimbangan secara alami memang daun/akarnya disukai kucing sebagai obat pencahar untuk perutnya jd sudah alamiahnya dibanding saya kasih microlax yg notabene obat untuk manusia.
    Dan ternyata memang mudah ditemukan di pinggiran jalan atau di pot tanaman sebagai "tanaman penumpang/gulma"
    Alhamdulillah cocok mba, jd saya abaikan pemakaian microlax

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak mau nanya kucingnya berapa hariitu gabisa bab nya??

      Hapus
  32. Kucing saya usia 5bln, 3 hari lalu dia sakit bagian di leher saya g tau knp, sampai g bisa di gerakkn sm dia, sekarang kucing saya g bisa apa2,asal saya bantu getakn dia kyk kesakitan, buang air bsr engk dr dia skt, mau di bawak ke dokter didaerah saya g ada dokter hewan, tlg bantu jawab ya temen2 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Say juga begitu kak, jadi gimana sekarang kucingnya? :'(

      Hapus
    2. Say juga begitu kak, jadi gimana sekarang kucingnya? :'(

      Hapus
  33. Maaf kak ikutan nanya, kucing saya udah 5 hr sakit, dilihat gejala dan kata dokter dia kena disempler..kemarin diare samoe keluar lendir dan darah...setelah diauntik vitamin dan antibiotik, diarenya sembuh...tapi blm mau makan minum sendiri. Jadi makannya dan minumnya di suapin pake spuit yg dibuang jarumnya..air outih, air infus, VCO..tapi udah dr 3 ini, sememnjak diarenya berenti..kok kucingku tidak bab dan tidak pipis...gmana solusinya ya..mohon saran dan bagi pengalamannya.

    BalasHapus
  34. Kalau boleh tau dulcolax nya yang mana ya kak ??,kan ada banyak varian dulcolax

    BalasHapus
  35. intinya pakek dulcolax baru bisa ya kak. karena kucingku juga sama. udah seminggu gak pup. kemarin sempet di kasih obat pencahar tapi dia malah muntah muntah 😭😭😭

    BalasHapus
  36. Kucing saya 3x ke klinik krn tdk bisa BAB berhari-hari.. Obat sudah, baik dr dubur maupun minum.. Tp BAB keluar hanya setelah diberikan obat dr dubur.. Dan itu berkali-kali.. Dokter bilang jika begini trs harus dioperasi..
    Karena kasihan dg kucing saya, saya cari alternatif lain dg cara saya berikam madu murni sehari 2x sebanyak 0.5ml. Hasilnya jos. BAB lancar keesokan harinya, bahkan smp hari ini.. MADU MURNI.. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh infonya madu merk apa dan beli dimana ya kak?

      Hapus
  37. Hanya sebagai masukan.. aku juga punya kucing cacat yang ga bisa bab.. dibawa ke dokter.. dikeluarin bab yang diujungnya aja.. dengan cara memasukan jari.. vetnya bilang yang terlalu dalam tu.. ga bisa ditindaki..dan pupnya juga ga terlalu keras kok..duh.. saya bingung.. karena rasanya berat tubuh si kucing bertambah karena banyaknya kotoran yang menumpuk diperutnya.. dan setiap hari aku pegang.. rasanya ada tonjolan2 kotoran.. karena si kucing cacat.. tiap pagi dan dalam.. aku yang pipisin dan pupin.. jadi kerasa banget kalo ada yang ga normal.. aku juga sudah cuba microlak.. juga ducolax..tapi ga ada hasil.. akhirnya aku cari di google.. obat sembelit kucing.. akhirnya aku cuba hairball oil.. harga sekitar 20an sampai 30an.. malamnya aku cubain... Se jam an gitu.. dia mulai pup dengan ukuran kira2 4 cm.. dan dalam waktu 24 jam.. pupnya keluar 9 biji dengan ukuran 3-4cm.. hah.. baru bisa lega dech.. boleh di cuba dech.. mana tau cocok seperti kucingku.. oh ya.. dia juga pake "stop urinary" buat ngatasin susah pipis..

    BalasHapus
  38. Maaf teman aku punya anak kucing juga, sama sdh 3 minggu ini tidak bisa pup,jadi ga bisa jalan, perute buncit, kasihan suka nangis mungkin nahan sakit sdh ke dr 3x dah diberi obat tetap ga bisa pup, aku ga tega lihatnya, dr menyarankan untuk dibawa ke rmh sakit tapi jauuh adanya dijogja, mohon teman2 yg punya kasus seperti punya aku dan sdh sembuh, tolong beri tahu bagaimana caranya supaya pup ga pakai oprasi, kasihan ga tega lihatnya, ga bisa jalan lemes, perute keras sekali kya batuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak, sekarang aku juga ngalamin begitu 😭 sediih

      Hapus
    2. Lagi mengalami jga kucing saya ga bsa pup 2 mnggu, badannya udh lemes bgt😭😭 kmren2 mengira dia ga mau makan krna penlue tp trnyta salah

      Pantesan dia sllu ngeden berat tp yg kluar cuma pipis
      Aku kira ga mslh
      Trnyta mlah pencernaannya yg bermslh 😭😭 bngung bgt skrg dia lg sesak nafas
      Stu mnggu udh aku paksa makan tp engga ad pup😭

      Hapus
    3. Coba kasih makanan basah dulu yg kalengan kan mengandung jelly untuk bantu pencernaan.
      Udah coba kasih tanaman anting2? Itu obat pencahar alami buat kucing.
      Tapi udah 2 minggu itu kasihan bawa ke dokter saja, kasihan tersiksa itu.

      Hapus
  39. Kalau.kucing saya sudah tidak pipis dan bab 4 hari

    BalasHapus
  40. Trmksh atas infonya, ini sangat membantu, aku jg punya kitten satu umur sebulan yg blm bab 4 hari. Dia cuman pipis doang tapi ngk bab. Akunya worry banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, kitten saya juga umur 1 bulan, gabisa pup lancar, keluar dikit2 kyak tai kambing item2 dan bulet, juga tai.nya selalu nempel di lubang dubur. 😭 uda pake daun anting2 ,pake minyak vco utk campuran makan tpi blum brhasil. Kasihan lihatnya ngeden trus tpi ga kluar. Mau kasih microlax tpi masih mikir2 soalnya masih kecil bnget dosisnya jga blm tau sberapa

      Hapus
  41. Halo kak, kucing aku jg baru susah bab tp dia itu gak suka makanan selain yg aku kasih biasanya yaitu dry food jenis Maxi trs gmn ya kak. Bingung bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu balas ya....
      Kalau aku mau kasih dryfood juga liat2 makanannya yg ga ganggu pencernaan tapi masih bisa masuk kantong, udah lama aku pakai HOME CAT, dry food memang kurang bagus sebenarnya untuk pencernaan, kecuali yg memang "high price"
      Coba dikasih makanan basah dulu kan ada kandungan agar2/jelly untuk bantu pencernaan.
      Dan coba diperiksa itu perut besar cacingan atau bukan?

      Hapus
  42. mudah2an.anak kucing.aku bisa sembuh jg ya coba dulkolac

    BalasHapus
  43. Kucingku jga mngalami hal yg sma..aq dh ptus asa..dn aq bru liat post mb ini..dn aq mw mncoba..dh gk tw lgi gmna..mdah2an ank kucing aq yg umur 2 blan ini bsa sembuh..bismillah..

    BalasHapus